Kamis, 31 Juli 2014

Prodi IQT & International Program upto 5-9- 2014

PENERIMAAN MAHASISWA BARU
PROGRAM STUDI ILMU AL-QURAN DAN TAFSIR (IQT)
UNIVBERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Gedung Admisi ODS Kampus 1
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Jl. A. Yani Pabelan Tromol Pos 1 Surakarta 57102
Telp/Fax. 0271-739992
 e-mail: pmb@ums.ac.id, fai_ums@yahoo.com
website: http://pmb.ums.ac.id, http://iqt-ums.blogspot.com
daftar online: http://regpmb.ums.ac.id

SEJARAH
Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir  adalah salah satu program studi yang dimiliki oleh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berdiri pada tahun 1966 sebagai IAIM Surakarta. Pada tahun 1981 IAIM bergabung dengan IKIP Muhammadiyah menjadi Universitas Muhammadiyah.

FILOSOFI
Sebagai bagian dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Fakultas Agama Islam (FAI),  Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir (PS-IQT) mendukung filosofi penyelenggaraan dan pengembangan UMS, yaitu “Wacana Keislaman dan Keilmuan”, dan pengembangan Fakultas “FAI yang Bermartabat”, mengembangan “Al-Quran sumber Petunjuk, Ilmu dan Peradaban Utama”

VISI
Menjadi Program Studi yang unggul dan terkemuka dalam pengembangan Ilmu al-Quran dan Tafsir berbasis riset dan pengembangan menuju peradaban utama pada tahun 2020


MISI
a.       Membangun sarana pendidikan dan pengajaran yang dapat menghasilkan sumberdaya insani yang sesuai dengan nilai-nilai al-Quran dan Sunnah serta sesuai dengan kebutuhan umat.
b.  Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran ilmu al-Quran dan Tafsir sesuai dengan nilai-nilai keislaman, ke-Muhammadiyahan dan ke-Indonesiaan.
c.       Menggembirakan penelitian ilmiah dalam pengembangan studi ilmu al-Quran dan tafsir untuk kepentingan akademik dan kemaslahatan umat.
d.    Meningkatkan peran dalam pemberdayaan masyarakat melalui disiplin ilmu al-Quran dan tafsir dalam rangka membumikan al-Quran melalui pengembangan jejaring kerjasama dengan lembaga pemerintah, organisasi dan lembaga dakwah Islam, serta pusat studi keislaman nasional dan global.

TUJUAN
a.      Menghasilkan sarjana Ilmu al-Quran dan Tafsir yang mempunyai kapasitas keilmuan dan keahlian dalam skala nasional dan global, kreatif, beriman, berakhlaq mulia, serta memiliki kecakapan dalam kiprah sosial keagamaan yang bercirikan Muhammadiyah, keislaman dan keindonesiaan.
b.    Menghasilkan penelitian ilmiah dan pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu-ilmu al-Quran dan tafsir yang memiliki kontribusi signifikan bagi pengembangan ilmu-ilmu keislaman dan kemajuan umat Islam  sesuai misi al-Quran.
c.       Menjadi Program Studi yang sustainable (berkelanjutan) dengan tata kelola yang baik.
KOMPETENSI DAN PROFESI LULUSAN
Kompetensi lulusan Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir antara lain:
a.   Memiliki keahlian sebagai pakar, ulama, peneliti dan praktisi dakwah dan penyuluh masyarakat yang mumpuni dalam bidang ilmu-ilmu al-Quran dan Tafsir.
b.     Memiliki kecakapan untuk melakukan penelitian dan pengembangan dalam studi ilmu-ilmu al-Quran dan Tafsir, dan memiliki kecakapan untuk melakukan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat khususnya dalam penguatan komitmen dan kualitas keislaman masyarakat melalui pemasyarakatan nilai-nilai dan ajaran Al-Quran.
c.    Memiliki wawasan dan komitmen kemuhammadiyahan, keislaman dan kebangsaan yang berbasis pada kecendekiawan dan keulamaan

Profesi Lulusan Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir antara lain menjadi:
a.       Ulama Mufasir dan cendekiawan bidang ilmu-ilmu al-Quran dan Tafsir.
b.      Peneliti dalam pemikiran Islam dengan berbasis pada ilmu al-Quran dan tafsir.
c.    Dai, Mubaligh, Ustadz dan penyuluh agama yang memiliki basis ilmu yang kuat dalam pemahaman dan penafsiran al-Quran.

GELAR AKADEMIK
Sebagai bagian dari rumpun ilmu Ushuluddin lulusan Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir mendapatkan gelar akademik S.Ud (Sarjana Ushuluddin)

KURIKULUM
Kurikulum Progam Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir di susun sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana mutu pembelajaran dan evaluasi.
Kurikulum dirancang berdasarkan tujuan, cakupan dan kedalaman, pengorganisasian materi yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi. Bangunan kurikulum pada program studi IQT tidaklah statis, tetapi selalu dinamis mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Untuk itu secara berkala diadakan peninjauan dan penyusunan ulang desain dan bangunan kurikulum tersebut.

TENAGA EDUKATIF
Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir Fakultas Agama Islam UMS didukung oleh tenaga edukatif yang berkualitas dengan pendidikan Doktor (S3) dan Magister (S2) baik lulusan dalam maupun luar negeri, yang semuanya telah memperoleh Sertifikat Pendidik sebagai Dosen Profesional.

- Dr.  Syamsul Hidayat, M.A.
- Dr. M. Abdul Fattah Santoso, M.A.
- Dr. Sudarno Shobron, M.A.
- Dr. Waston, M.Hum
- Dr. Imron Rosyadi, M.Ag. 
- Dr. Muinudinillah Basri, Lc., M.A.
- Drs. Saifuddin Zuhri, M.Ag.
- Drs. Syarafuddin HZ, M.Ag;
- Drs. M. Yusron, M.Ag.
- Drs. Arif Wibowo, M.Ag.
- Drs. M. Darojat Ariyanto
- Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag;
- Drs Suharjianto, M.Ag.
- Drs. Sumantri, M.Ag.

LOKASI DAN FASILITAS
Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir FAI UMS terletak di lokasi yang strategis, memiliki  gedung yang representative dengan ruang kuliah ber-AC, pusat kegiatan kemahasiswaan, layanan kesehatan dan free-hotspot.
Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir FAI UMS juga dilengkapi dengan Laboratorium Komputer yang memiliki program-program pendalaman ilmu-ilmu agama Islam, seperti Maktabah al-Kubro, Maktabah Syamilah, Mawsu’at al-Tafasir, Maktabah Thalibil ‘Ilm, Mawsu’ah Al-Hadits al-Syarif, Ensiklopedi Hadi 9 Imam dan sebagainya.  Perpustakaan yang lengkap, baik berupa buku-buku, jurnal tercetak maupun digital library (pustaka digital), seperti e-journal, e-book, yang dapat diakses dengan mudah. 
Prodi ini juga dilengkapi dengan berbagai aktifitas sebagai “fasilitas lunak”, seperti program mubaligh hijrah bekerjasama dengan Pimpinan Muhammadiyah, dan program desa, masjid dan pesantren/madrasah “binaan” sebagai media aktualisasi ilmu-ilmu al-Quran dan Tafsir. Di samping itu, dilengkapi juga dengan uji komptensi ilmu al-Quran dan Tafsir melalui bekerjasama dengan Program Studi sejenis di PT lain, madrasah dan pesantren al-Quran dan jaringan Muhammadiyah

PENDAFTARAN
Tempat Pendaftaran
Gedung Admisi ODS Kampus I
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Jl. A. Yani Pabelan Tromol Pos 1 Surakarta 57102
Telp. 0271-717417 Fax. 0271-715448
Daftar via internet di http://pmb.ums.ac.id

Waktu Pendaftaran
Mulai 2 Januari s/d 23 Agustus 2014 (KHUSUS IQT DIPERPANJANG HINGGA 5-9-2014)

Sistem Pendaftaran dan Tes
Daftar, tes, dan registrasi dapat diselesaikan dalam satu hari (One Day Service) dengan menggunakan komputer (Computer based Test) terdiri atas 50 soal dalam waktu 60 menit.

Materi Tes
Materi tes meliputi: Agama Islam, bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, TPA (Tes Potensi Akademik), Logika Bahasa, Logika Numerik, Logika Gambar, dan tes bidang ilmu.

Daftar, Tes, dan Registrasi dilayani:
Pagi        : jam 08.00  s/d 12.00 wib.
Siang     : jam 13.00  s/d 15.00 wib.

Syarat Pendaftaran
1.Menyerahkan fotokopi Ijazah (STTB) yang telah dilegalisir dan NEM/UNAS sebanyak 1 lembar.
2.Menyerahkan Pas Foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar, dan ukuran 4 x 6 2 lembar.
3. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 200.000,-

Biaya Studi Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir
1. Dana Pengembangan  Rp. 2.050.000,-
2. Beaya SPP per-SKS Rp. 83.000,- 

Beasiswa


Mahasiswa berprestasi memiliki peluang untuk memperoleh beasiswa:  Beasiswa Kader Muhammadiyah (BKM),  beasiswa UMS, Bank Jateng, Yayasan Supersemar, Direktorat Diktis Kemenag RI, dan Beasiswa Unggulan Dikbud.