Jumat, 27 Mei 2016

WORKSHOP ON TEXTBOOK WRITING WITH THE IIIT



Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta menginisiasi usaha penulisan buku buku ajar untuk Perguruan Tinggi Islam di Indonesia. Usaha ini dilakukan bekerjasama dengan International Institute of Islamic Thought (IIIT) yang berkedudukan di Virginia, US melalui Representative (Director) of East and Southeast Asia, Dato' Wira Dr. Jamil Osman.
Workshop awal, dalam kerangka membangun komitmen dan usulan buku prioritas, dilaksanakan pada hari Selasa, 24 Mei 2016 di Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang diikuti oleh 64 pemakalah sekaligus calon penulis buku ajar, dipimpin langsung oleh Dato' Wira Dr. Jamil Osman, Dr. Shahran Kamil, dan Dr. Habib Chirzin.
Peserta yang datang dalam acara workshop ini berasal dari 27 Perguruan Tinggi Islam, meliputi UIN Bandung, UMMI Sukabumi, IAIN Cirebon, STAIN Kudus, STIKES Kudus, UM Tapanuli Selatan, IAIN Salatiga, STAIN Pekalongan, UM Surakarta, UIN Makassar, STAIMUS Surakarta, IAIN Kartasura, dan lainnya.
Hasil dari workshop ini tersepakati sejumlah penulisan buku secara tim dalam 2 tahun ke depan, meliputi: (1) Psikologi Kepribadian oleh Tim UMS dan IAIN Cirebon; (2) Ilmu Pendidikan oleh Tim UM Sukabumi; (3) Patologi Sosial oleh UIN Bandung; (4) Ilmu Ekonomi Makro oleh Tim Ekonomi UMS; (5) Dakwah Grafika oleh UIN Bandung; dan (6) Epitemologi Islam oleh Tim Fakultas Agama Islam UMS.