Kamis, 30 Juni 2016

ROADMAP LITABMAS PRODI IQT TERSUSUN



Fakultas Agama Islam UMS bersama Prodi-prodi yang ada di FAI melakukan workshop tentang Road Map Penelitian untuk jangka waktu 5 tahun dari 2016-2021. Workshop Road Map Penelitian ini berlangsung dalam dua sesi, yaitu 23 Juni 2016 dan 27 Juni 2016.
Dalam acara workshop sesi I diikuti pimpinan Fakultas Agama Islam dan perwakilan seluruh Prodi dan difasilitasi oleh  LPPM UMS yang menugaskan Prof. Markhamah dan Dr. Mohammad Thoyibi. Pada workshop sesi II, diikuti oleh dosen Prodi IQT, yang difasilitasi oleh Kaprodi dan  M. Darojat Ariyanto menghasilkan kerangka utama penelitian dan pengabdian 2016-2021 dalam deret kategori yang meliputi: Isu Strategis, Konsep Pemikiran, Alternatif Solusi, Topik Riset, Tahun Pelaksanaan dan Skim Penelitian.
Dalam rentang waktu tersebut, Prodi IQT sepakat membuat Road Map penelitian dan pengabdian memfokus kepada Isu Strategis yang mencakup dua hal pokok, yaitu: (1) Masalah melemahnya karakter dan daya saing bangsa serta kehidupan beragama; (2) Peningkatan aktualisasi kehidupan beragama.
Adapun konsep pemikiran dari isu strategis ini meliputi: (1) Muhammadiyah menjadi bagian penting dari sistem pembangunan nasional; (2) Peningkatan aktualisasi kehidupan beragama, terutama pengembangan strategi dakwah dan penyuluhan agama (3) Kajian terhadap berbagai Tafsir Quran terapan yang dapat menjawab isu strategis tersebut. (mt/sh)