Rabu, 01 April 2015

WORKSHOP KURIKULUM DAN PENYUSUNAN RPS/RKPM PRODI IQT


Kaprodi memaparkan hasil kerja Tim Kurikulum
Dalam rangka lebih memantapkan eksistensi Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir sebagai prodi yang baru lahir, penyusunan kurikulum beserta kelengkapannya merupakan suatu keharusan. Apalagi Program Studi ini berkewajiban untuk segera mengajukan borang akreditasi kepada BAN PT untuk memperoleh status akreditasi secara definitif.
Untuk itulah, Prodi ini menyelenggarakan Workshop Pengembangan Kurikulum Prodi berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan SNPT (Standar Nasional Perguruan Tinggi) setelah sebelumnya melaksanakan Workshop Visi Misi Tujuan dan Profil Lulusan Prodi. Workshop dilaksanakan pada Selasa 31 Maret 2015, di Ruang Seminar FAI UMS. Workshop ini diikuti oleh seluruh Dosen Prodi dan Dosen ahli yang selama ini telah membantu Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir FAI UMS. 
Acara workshop diawali oleh penjelasan Kaprodi IQT, Dr. Syamsul Hidayat, M.A. tentang hasil Workshop Visi, Misi, Tujuan dan Profil Lulusan atau Capaian Pembelajaran (LO atau CP) Prodi, yang akan menjadi landasan bagi penyusunan dan pengembangan Kurikulum dan penyusunan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) yang dulu disebut Silabus dan RKPM (Rencana Kegiatan Pembelajaran Mingguan) yang dulu disebut RMP. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan Rumusan Kurikulum Prodi yang telah disiapkan oleh Tim terbatas, yang melaksanakan tugasnya dengan studi banding secara fisik ke beberapa Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri dan Swasta yang ada di sekitar Surakarta, serta mengkaji pedoman penyusunan Kurikulum berbasis KKNI dan SNPT.
Peserta workshop yang berjumlah 18 orang yang terdiri dosen Prodi dan dosen ahli itu menyepakati hasil kerja tim penyusun kurikulum, siap untuk menindaklanjuti dengan penyusunan RPS dan RKPM.
Selanjutnya Kaprodi menjelaskan teknis penyusunan RPS dan RKPM dengan menunjukkan template yang telah disiapkan, Workshop menyepakati penulisan RPS/RKPM selambat-lambatnya 3 minggu dan akan diadakan review RPS/RKPM yang direncanakan pada tanggal 25 April 2015.