Senin, 01 Juni 2015

Islamic Students Competition IX FAI UMS 2015

Dalam rangka menjalin silaturrahmi dan pengenalan Fakultas Agama Islam UMS dengan seluruh jajaran Program Studinya kepada sekolah/madrasah/pesantren se Jawa Tengah, FAI UMS menyelenggarakan Islamic Students Competition  (Kompetisi Pelajar Islam) yang ke 9 kalinya, yang tahun ini diperluas menjadi se- Jawa Tengah, sebagian DIY dan Jawa Timur bagian barat. 
Pelaksanaan kegiatan ini, dilakukan pada tanggal 30 Mei 2015, sehari penuh di Auditorium sebagai pusat kegiatan.
Dalam kompetisi ini, dilombakan 9 cabang lomba, yaitu: Karyatulis Al-Quran, Cerdas Cermat Islam, Debat, Nasyid, Fahmil Quran, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Inggris, Tilawatil Quran dan Kaligrafi. Kompetisi ini diikuti oleh sekitar 20 sekolah baik Madrasah Aliyah maupun Sekolah Menengah Atas negeri dan swasta, se Jawa Tengah.
Dalam sambutan pembukaan, Dekan Fakultas Agama Islam UMS, Dr. M. Abdul Fattah Santoso, M.Ag. lomba ini merupakan sarana silaturrahim sekaligus pengenalan Fakultas Agama Islam UMS kepada sekolah-sekolah, madrasah, pesantren se Jawa Tengah khususnya, bahkan kalau bisa diperluas.
Pak Fattah, begitu panggilan akrab Dekan FAI UMS ini, menjelaskan bahwa FAI UMS memiliki 3 Program Studi, yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), yang dulu sering dikenal dengan Tarbiyah, Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES), yang selama ini dikenal Syariah, dan yang ketiga adalah Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IQT) sebagai program studi baru yang baru dibuka tahun 2014. Sebelumnya, kita memiliki Program Studi Perbandingan Agama yang sering dikenal Ushuluddin, yang kini secara bertahap digantikan oleh Prodi IQT.
ISC diakhiri dengan pengumuman hasil Lomba yang untuk kesekian kalinya, Ma'had Isykarima memperoleh predikat Juara Umum.