Selasa, 24 Mei 2016

REALISASI KERJASAMA FAI UMS DAN AMCF DITINGKATKAN

Presentasi Ma'arif Jamuin, tim khusus kerjasama PP Muhammadiyah-AMCF di Rapat Tahunan Ke XII 2016, pada tangal 17 Mei 2016, tentang Sinergitas penyelenggaraan Ma'had AMCF dan  Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sejak tahun 1991, Fakultas Agama Islam bekerjasama dengan Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) untuk menyelenggarakan kelas pendidikan Bahasa Arab dan Studi Islam di Ma'had Abu Bakar Ash Shiddiq Universitas Muhammadiyah Surakarta. Biaya penyelenggaraan ini sepenuhnya didanai oleh AMCF. Bentuk pembiayaan AMCF meliputi pembangunan gedung Ma'had Abu Bakar Ash Shiddiq berlantai 3, fasilitas alat/media belajar, penyediaan guru, ruang kantor beserta isinya, masjid dan biaya penyelenggaraan pendidikan. Adapun kontribusi UMS adalah berupa penyediaan tanah, IMB, listrik dan akibat hukum yang menyertainnya.
Kerjasama ini berlaku untuk masa evaluasi setiap lima tahun. Progress report dari evaluasi lima tahunan menentukan keberlanjutan kerjasama ini. Sampai tahun 2016, kerjasama ini berjalan menggembirakan. Bahkan pada tahun 2014, model kerjasamanya meningkat ke bentuk penyelenggaraan program studi yakni  Program Studi  Ilmu al-Quran dan Tafsir (IQT). Pada tahun 2016, AMCF akan membangun gedung baru untuk penyelenggaraan kelas IQT di lokasi Pondok Hajjah Nuriayah Shabran UMS Makamhaji. (mj/sh)